Pengertian Wilayah Perairan Dan Jenis - Jenisnya

Pengertian Wilayah Perairan Dan Jenis – Jenisnya

Pengertian Wilayah Perairan Dan Jenis – Jenisnya – Wilayah Perairan adalah belahan dari bentang alam di permukaan bumi yang menempati wilayah luas yang di genangi oleh air, dan perairan juga dibagi menjadi dua yaitu perairan bahari seperti samudera, laut, selat dan teluk.

Perairan yang satunya bernama perairan darat seperti sungai, danau, dan rawah, apakah kalian tahu bahwa Negara Indonesia itu di kelilingi oleh perairan, dimana dua pertiga atau 3.166.163 km2 wilayah Indonesia terdiri dari perairan.

Maka tidak heran banyak warga Indonesia yang hidupnya sebagai nelayan, banyak aneka ikan yang ada di perairan Indonesia, maka dari itu bayak nelayan – nelayan dari Negara yang lain sering mengambil ikan – ikan dari negara Indonesia.

Pengertian Wilayah Perairan Dan Jenis – Jenisnya

Dibawah ini beberapa pengertian dari jenis perairan, cekibrot…

  1. Sungai
    Sungai adalah bentuk perairan yang luar di wilayah daratan, di beberapa tempat yang ada di Indonesia sungai menjadi tempat jalan untuk transportasi air, yang dimana untuk menghubungkan dari daerah satu ke daerah yang lain.
  2. Danau
    Danau adalah genangan air yang luas yang di lingkari oleh daratan, Danau dibedakan menjadi dua,yaitu danau alam dan danau buatan atau sering disebut waduk.Danau alam ialah danau yang terjadi secara alamiah,contohnya Danau Toba di Sumatra Utara.
    Danau buatan ialah danau yang dibentuk oleh manusia,contohnya Waduk Jatiluhur di Jawa Barat.Berikut ialah danau-danau yang ada di wilayah Indonesia,baik danau alam maupun danau buatan.
  3. Selat
    Selat adalah sebuah tempat yang menghubungkan dua pulau atau lebih yang saling berdekatan.
  4. Teluk
    Teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan.

Banyak kegunaan perairan di Indonesia

Karena Negara Indonesia adalah negara perairan sehingga banyak daerah yang dekat dengan perairan membuat mereka merasa beruntung, karena banyak warga yang memafaatkan daerah perairan itu sebagai tempat mengais rejeki.

Ada yang menjadi nelayan ada juga yang menjadi petenak ikan, udang, rajungan dan yang lainnya, dan banyak juga kegunaan perairan bagi warga yang ada di sekitar itu.